October 5, 2022

UKM Seni Religi Mengadakan Lomba MTQ-MQK guna Memperkuat Skill Mahasiswa

literaturcorner.com Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Religi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) melaksanakan Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) & Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dalam rangka turut memberi warna dalam rangkaian acara ‘Dies Natalis UNUSIA yang ke-7 di Aula Lantai 4 Kampus A Unusia pada Sabtu (11/06/2022) pagi.

“Ini sebuah prestasi dan langkah awal yang nantinya akan membuat sejarah baru di Universitas kita” Ujar khabib Alfatach dalam sambutannya.

Presiden mahasiswa Khabib Alfatach menyampaikan bahwa kegiatan perlombaan ini merupakan program kegiatan pertama kali yang langsung di inisiasi oleh UKM Seni Religi. Kegiatan tersebut menghadirkan para peserta dari setiap fakultas yang ada di Unusia dengan jumlah 18 peserta.

“Untuk menciptakan iklim kompetitif di Unusia, salah satu trobosannya yaitu mengadakan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan skill-skill para mahasiswa salah satunya adalah perlombaan ini” terang Khabib Alfatach dalam mengutarakan maksud dan tujuan kegiatan ini.

Pada kegiatan tersebut, para peserta MTQ bebas menentukan bacaannya sendiri dengan durasi waktu 10 menit. Penilaian MTQ meliputi aspek tajwid, lagam/suara, kelancaran, fasohah dan adab. Sedangkan MQK para peserta diujikan dengan Kitab Fathul Qorib Karya Ibnu Qosim AlGazhi dengan aspek penilaian qiro’ah, terjemah, bayan (penjelasan), qowaid dan tanya jawab dengan para juri. Adapun hadiah meliputi uang tunai, piala serta sertifikat bagi juara 1,2 dan 3 yang akan di umumkan pada puncak acara Dies Natalis ke 7 Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia.

Pewarta : Nurhadi Fadhilah ( UKM Pers Unusia)