December 8, 2022

Mengenang Jasa Santri Dalam Mewujudkan Kemerdekaan Indonesia

literaturcorner.com Untuk mengenang dan merayakan Hari Santri Nasional Pesantren ekonomi Darul Uchwah kembali merayakan hari bersejarah ini dengan meriah. Tahun ini Hari Santri jatuh pada hari SABTU 22 OKTOBE 2022. Hari santri adalah hari bersejarah bagi para santri dan para kyai sebagai momen untuk mengenang dan mengingat jasa para santri yang telah berjuang rela bertumpah darah demi Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Pada tahun 1945 tepat ditanggal 22 Oktober, KH Hasyim Asy’ari memimpin perumusan fatwa tentang Resolusi Jihad dikalangan kyai pesantren. Fatwa ini merupakan kewajiban berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan melawan para pelaku penjajah Indonesia. Perjuangan ini melibatkan para santri dan para ulama yang kemudian terjadilah peristiwa 10 November 1945 di Surabaya yang kita kenal sebagai Hari Pahlawan. Sehingga tanggal 22 Oktober akan dijadikan sebagai peringatan Hari Santri Nasional disetiap tahunnya.

Setiap santri dan setiap pesantren memiliki cara tersendiri dalam merayakan hari besar ini. Salah satu pesantren yang selalu melaksanakan peringatan disetiap tahunnya adalah Pesantren Ekonomi Darul Uchwah.
Setiap tahun kami merayakan Hari ini dengan mengadakan perlombaan. Akan tetapi ada perbedaan ditahun ini. Setelah covid-19 banyak pesantren yang mengurangi kegiatan, banyak sekolah yang diliburkan dan banyak pekerja yang dirumahkan. Akan tetapi itu bukanlah akhir dari segalanya dan tidak membuat padam semangat para santri di Duna ini.

Pada hari jumat tanggal 21 oktober 2022 pesantren ekonomi darul uchwah menyambut hari santri dengan menonton film bersama, melakukan pawai seluruh santri dan murid-murid TPQ,MDT darul uchwah. Selain melakukan pawai para panitia juga menyiapkan lomba Fashion Karnaval Santri disetiap kelasnya. Selain itu dalam acara pawai tersebut para guru dan ustadzah menyediakan beberapa doorprize dan voucher untuk membuat semangat para peserta berkobar.

Setelah selesai melaksanakan pawai, menonton bersama dan menyiapkan lomba para santri juga menyiapkan untuk menyambut hari santri dikeesokan harinya dengan melaksanakan upacara dilapangan kemudian berlanjut dengan acara perlombaan seperti membuat rujak, bermain takraw, bermain futsal, fashion show anak, Cerdas cermat,stand up dan berakhir dengan pembagian hadiah pada malam harinya.