July 23, 2024

Sambut 1 Abad NU, BEM PTNU Gelar Halaqoh Kebangsaan Cegah Radikalisme

literaturcorner.com,Jakarta Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (BEM PTNU) Se-Nusantara menggelar acara Halaqoh Kebangsaan dalam rangka memperingati Harlah 1 Abad NU Melalui daring dengan Tema “Kontribusi Mahasiswa Dalam Pusaran Arus Radikalisme di Indonesia” pada Kamis 02 Februari 2023

Presidium Nasional BEM PTNU Se-Nusantara Wahyu Al Fajri mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan satu dari beberapa rangkaian acara yang digelar untuk menyongsong 1 Abad NU. Rangkaian acara tersebut meliputi  ziarah, zikir dan doa bersama, serta Halaqoh Kebangsaan 1 Abad NU tersebut.

Wahyu Al Fajri berharap kegiatan-kegiatan tersebut mampu lebih membangkitkan ghirah atau semangat Mahasiswa NU dalam upaya merawat Kebhinekaan.

Dalam acara itu Ketua Baznas RI Prof. Noor Achmad M.A menjadi pembicara bersama dengan Kasubdit Kontra Narasi AKBP Mayndra Eka Wardhana dan Ketua Lembaga Kontra Narasi BEM PTNU Se-Nusantara M Sahrozzi dengan mengusung tema “Kontribusi Mahasiswa Dalam Pusaran Arus Radikalisme di Indonesia”.

Prof. Noor Achmad MA menyampaikan bahwa cara mahasiswa NU dalam memerangi radikalisme yaitu dengan memperdalam nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah, mengkaji ideologi keagamaan serta menelaah perjuangan NU dalam Mereduksi Gerakan radikalisme di indonesia pada tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Baznas RI juga mengajak Mahasiswa NU untuk bersinergi dengan Baznas untuk melakukan dan mengembangkan Kegiatan Ekonomi sebagai upaya Mencegah Faham Radikalisme.

Sementara itu M Sahrozzi menyampaikan bahwa Mahasiswa NU harus menjadi garda terdepan dalam memerangi faham radikalisme.

AKBP Mayndra Eka Wardhana juga mengatakan bahwa kita semua harus melakukan konsolidasi dalam rangka merawat perdamaian NKRI dari gangguan gerakan radikalisme.