October 5, 2022

Polarisasi Elips

literaturcorner.com – Efek dari polarisasi masyarakat yang “Toleran dan Intoleran” ditengah ketimpangan sosial yang semakin tinggi bisa berakibat fatal.

Kejadian kelam yang terjadi antar etnis akibat gep si kaya dan simiskin mengakibatkan penjarahan, pengusiran, kerusuhan dan bahkan lebih parah dari ini.

Melihat fenomena kekinian dilevel bawah, ketimpangan sosial kali ini bisa lebih parah lagi karena bukan saja seperti masa kelam waktu itu yaitu antar etnis, kini terjadi antar tetangga.

Si anak orang miskin yang besar dengan inovasi, kini berubah membalik posisi, beda dengan si anak kaya yang tidak berinovasi sehingga cenderung menjadi korban zaman dan hanya sebagai penonton kesuksesan orang serta menghabiskan harta warisan hingga tetes terahir.

Konflik pasti akan terjadi dilevel bawah gejala sudah nampak ketara, apalagi kepada mereka yang tidak dibekali tingginya pendidikan, karena mereka cenderung melihat luasnya tanah, bukan memandang luasnya ilmu, “Hanya Iman” yang akan membendung fenomena baru ini, semoga yang lemah iman tidak masuk kekelompok radikal.

Baca Juga Omnibus Law Kubur Cita-cita Indonesia Berdaulat Pangan

Oleh: Muhammad Ulul Azmi
Ketua Umum PC PMII Jakarta Barat