December 8, 2022

Mapaba lll Rayon PMII Teknik UNUSIA Jakarta, Menciptakan Generasi Baru sebagai ajang Berproses Bersama dan Berkaderisasi di PMII Selamanya – Process Together, PMII Forever

literaturcorner.com Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) lll yang diselenggarakann oleh Pengurus Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Teknik Unusia Jakarta Komisariat Unusia Jakarta, Cabang Jakarta Pusat. Acara ini berlangsung di Sekolah Alam Citra Ciganjur Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jum’at-Minggu 25-27 Maret 2021.

Mapaba merupakan Kaderisasi Formal Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, sebagaimana yang termaktub dalam PO BAB l Pasal 1 ayat 3 Kaderisasi Formal tersebut merupakan suatu proses pendidikan wajib Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang diatur dan dilaksanakan secara berjenjang.

“Kegiatan Mapaba ini diikuti oleh 29 peserta yang terdiri 15 peserta dari Rayon Teknik Unusia, 10 peserta merupakan delegasi dari Rayon Pembebasan Hasan Hanafi dan 4 peserta lainnya merupakan delegasi dari rayon Hamzah.
Bersama kita Bisa, Bersama Kita Bercita-Cita! Tangan Terkepal dan Maju kemuka, Salam pergerakan!”. Ucap Sahabat Sulaiman Nabiyan Ali selaku Ketua Pelaksana Mapaba lll.

Mapaba lll yang diselenggarakan secara tatap muka ini, berlangsung dengan lancar dan peserta sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara. Walaupun ditengah pandemi dan maraknya isu ppkm level 2, tidak menyurutkan semangat bagi calon anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia dalam berproses.

Menginjak pada acara pembukaan, Sahabat Rama Mahriza selaku Sekretaris Umum PC PMII Cabang Jakarta Pusat membuka acara ini dan menyampaikan poin-poin penting dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa menjadi anggota dan Kader PMII adalah suatu kebanggaan tersendiri yang menjadikan para mahasiswa selangkah lebih maju dari mahasiswa lainnya.

“Tak Kenal Maka Tak Sayang, pada esensinya Mapaba merupakan sebuah perkenalan kalian dengan PMII. Dan Mapaba juga ajang buat kalian untuk mendalami pengetahuan kalian mengenai organisasi khususnya PMII itu sendiri, dan juga sebagai pelajaran bagi calon sahabat-sahabat untuk bagaimana bisa memange waktu kalian semasa kalian berkuliah”. Pesannya dalam sambutan.

Baca Juga : HILANGNYA CHECK AND BALANCE DI NEGRI DEMOKRASI

Tak lama kemudian sambutan kedua datang dari Ketua Komisariat Unusia Jakarta, yaitu Sahabat Zainuurohman yang diwakilkan oleh Sahabat Fikru Rizal Aunillah selaku Sekretaris Komisariat Unusia Jakarta. Beliau berharap kepada para peserta Mapaba untuk selalu menjaga loyalitasnya terhadap PMII dan selalu berkontribusi di dalam PMII.

“Ketika kalian sudah mengikuti mapaba, jangan pernah sia-siakan waktu walaupun satu detik”

Tak hanya itu, sambutan pamungkas juga diberikan oleh Ketua Rayon Teknik PMII Unusia Jakarta Sahabat Masngaril. Melalui kegiatan Mapaba ini pesan Masngaril, para anggota diharapkan untuk mampu menjadi mahasiswa yang menjadi solusi bagi lingkungannya.

“Saat ini, kita sedang berada di era disrupsi. Era di mana, di setiap lini kehidupan mengalami perubahan yang begitu cepat. Kita sebagai kader PMII, dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut. Saya harap calon anggota PMII ini, bisa terus berkembang di bidangnya masing masing ketika berproses di PMII” Pungkasnya.

Pewarta : Hanif Allaudza’i