September 29, 2022

Lemahnya Pengawasan Auditor Tingkat Sekolah Berdampak Terjadinya Fraud Pada Pelaporan Dana KJP

literaturcorner.com Kartu Jakarta Pintar yang biasa disebut dengan KJP merupakan dana bantuan social yang diberikan oleh pemerintah untuk siswa/siswi yang tidak mampu untuk sekolah, oleh karena itu diberilah dana untuk menunjang kehidupan sekolah. Namun hingga saat ini hamper semua siswa/siswi yang berlokasi di DKI Jakarta mendapatkan dana KJP tersebut, tidak ada yang mebeda-bedakan semua mendapatkannya. Dana ini cair setiap bulannya nominalnya pun berbeda-beda setiap tingkatan pendidikannya. Dan setiap semester harus menyerahkan laporan mengenai penggunaan dana KJP tersebut digunakan untuk membeli apa saja.

Namun, pada prakteknya banyak sekali terjadi fraud dalam pembuatan laporan keuangan KJP ini oleh para wali murid siswa/siswi. Karena yang dikumpulkan hanya nota transaksinya saja, nota transasksi inilah yang menjadi pemicu peluang terjadinya fraud. Karena nota ini dapat dipalsukan, selain dapat dipalsukan nota transaksi ini dapat dimanipulasi besaran nominal transaksinya. Sangat disayangkan hal tersebut dapat terjadi karena lemahnya pengawasan auditor. Kenapa bisa disebut lemah, karena penerima KJP dalam pembuatan laporan pertanggung jawaban penggunaan dana KJP hanya menulis nominal dan menempel nota transaksi saja lalu dikumpulkan, sangat mudah sekali. Biasanya laporan tersebut tidak semuanya di cek secara rinci laporannya karena banyak sekali, sedangkan staffnya sedikit alias tidak memadai.

Sebenarnya ada acara untuk mencegahnya yaitu harus melakukan transaksi ynag notanya bersifat printout tidak boleh nota yang tulis tangan, selain itu harus ada kriteria khusus untuk apa saja dana dapat digunakan. Dan mengadakan sosialisi, serta memberikan tindakan tegas bagi pelanggar. Selain itu solusinya ialah meningkatkan SDM bagi auditor internal yang berada di sekolah, bisa juga dengan mengadakan training gathering supaya mendapatkan ilmu dengan lebih have fun, dan tidak membosankan.

Penulis: Fiky Nadiyah
Program Studi: Akuntansi
Mahsiswi: Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

You may have missed