July 23, 2024

Lakukan aksi sosial, Lembaga Jaringan Muda (JARUM) untuk DEMOKRASI bagi-bagi takjil ke masyarakat

literaturcorner.com Sebagai salah satu bentuk wujud kepedulian dan rasa kebersamaan sesama manusia di bulan suci Ramadhan, Lembaga Jaringan Muda (JARUM) untuk DEMOKRASI pada hari Kamis, 13 April 2023 melakukan aksi pembagian takjil gratis kepada masyarakat pengguna jalan yang melintas di jalan Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan, para driver ojek online dan para pedagang yang berjualan di pinggir jalan.

Pembagian takjil ini di koordinir oleh Rizal Muttaqien selaku penanggung jawab dan setidaknya disediakan 150 paket takjil yang di bagikan.

Tujuan dari pembagian takjil ini adalah untuk lebih mendekatkan lembaga JARUM DEMOKRASI dengan masyarakat dan agar kita bisa memaknai bulan suci ramadhan ini dengan lebih peduli dan berempati terhadap sesama, kata Rizal.

“Hal ini bertujuan lebih menyemarakan ramadhan dan sebagai sarana sosialisasi yang efektif dalam mengajak masyarakat untuk memahami demokrasi dan pemilu yang lebih baik dan berkualitas” tambahnya.

Dalam menghadapi momentum politik 2024, masyarakat berhak mendapatkan pendidikan politik sehingga masyarakat bisa menentukan pilihan politiknya atas dasar kesadaran sendiri tanpa ada unsur paksaan maupun bujuk rayu dengan iming-iming berupa uang ataupun lainya yang mungkin dilakukan oleh pihak manapun. Masyarakat juga bisa memilih calon pemimpin bangsa yang berkualitas, memiliki integritas tinggi dan memiliki kepedulian terhadap masadepan bangsa dan negara.

Salah seorang pengguna jalan, Ibu Yuli mengatakan Kegiatan berbagi akjil ini sangat bagus dan mempermudah pengguna jalan yang melakukan perjalanan untuk segera menyempurnakan puasanya.

“Pembagian Takjil gratis ini sangat membantu, khususnya bagi masyarakat yang sedang dalam perjalan pulang dari tempat kerjanya dan tidak membawa bekal jadi bisa segera membatalkan puasanya begitu adzan maghrib berkumandang”, ujarnya.

Untuk diketahui,Jaringan Pemuda untuk Demokrasi atau yang disebut sengan JARUM DEMOKRASI adalah suatu lembaga yang fokus terhadap pendidikan terkait demokrasi dan pemilu bagi masyarakat luas utamanya adalah para pemuda. Selain fokus pendidikan, Jarum Demokrasi juga fokus terhadap pengawalan dan advokasi terhadap isu-isu penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Tujuan dibentuknya lembaga ini untuk memastikan demokrasi di Indonesia berjalan sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa, demokrasi harus bisa menjadi alat untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia.