December 8, 2022

Ketum PMPI : Pentingnya Nilai Pancasila di Era Society 5.0

literaturcorner.com Pekalongan – Pencinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) dan Persatuan Mahasiswa Pecinta Tanah Air Indonesia (PMPI) menggelar Dialog Kebangsaan dalam rangka memperingati hari Kesakitan Pancasila dengan tema “Membumikan Pancasila untuk mewujudkan jiwa Kesatria Bangsa”.

Berbicara Pancasila sangat penting dibicarakan bukan cuma dikalangan mahasiswa melainkan dikalangan anak-anak muda saat ini, pada mulanya bisa dimulai dari anak anak sekolah dasar.

“Dalam hal ini, terobosan PMPI untuk menanggulangi hal tersebut, PMPI akan merancang Buku Pancasila, yang nantinya akan menjadi panduan khusus dalam memakai nilai nilai Pancasila sesuai dengan Era Saat ini,” Kata Khusniyati selaku Ketua Umum DPP Persatuan Mahasiswa Pecinta Tanah Air Indonesia (PMPI) dalam acara Dialog Kebangsaan dikantor DPP Petanesia Pekalongan, pada Sabtu (01/10/2022).

Dalam Dialog Kebangsaan ini mengundang narasumber di antaranya Prof. Dr. Ir Akhmad Sodiq, M.Sc,. Agr. Selaku Rektor Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Eko Priyono Selaku Ketua Petanesia. Sekretaris Jenderal DPP Petanesia,  Sagara, Khusniyati Ketua DPP PMPI.

PMPI hadir untuk menyatukan keberagamaan, lintas agama, lintas kepercayaan, dan lintas perguruan tinggi.

“Membumikan keberagaram yang ada di Pancasila, mulai dari sila pertama sampai sila kelima harus benar – benar kita hayati dan makanai secara saksama,” Jelasnya.

Apalagi Era seperti ini, arus Teknologi sangat kencang dengan berbagai dinamika yang ada. Tapi, bagaimana ketimpangan – ketimpangan yang hadir di daerah harus diselesaikan secara saksama.

“Ketimpangan seperti ini harus kita urai dan kita selesaikan bersama. Karena PMPI hadir sebagai Rumah Kebhinekaan, dan ketika ada ketimpangan yang muncul, secepatnya kita selasaikan, sebab kalau bukan kita siapa lagi,”pungkasnya.