September 29, 2022

Kekurangan dan Kelebihan Sistem Keuangan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

literaturcorner.com Dengan adanya pandemi Covid-19 ini seluruh kegiatan terpaksa harus dikurangi mobilitasnya. Maka yang tadinya kegiatan diadakan offline menjadi online. Oleh karena itu sistem perkuliahan, pembayaran, pengambilan KRS, dan lain sebagainya dilaksanakan secara online. Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia mau tidak mau harus mampu mewadahi mahasiswanya untuk melakukan segala hal berbasis online. Dalam hal ini Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia sudah mampu mewadahi mahasiswanya melalui website ecampus.unusia.ac.id sudah sangat bagus dari sistem pembayarannya pun jelas dan terperinci dengan baik. Mahasiswa bisa membayar baik itu biaya her-registrasi, daftar ulang, semesteran, kemahasiswaan, UAS, UTS melalui ecampus ini, sangat memudahkan sekali. Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia merupakan kampus yang sangat cepat beradaptasi di masa pandemi Covid-19 ini.

Namun dimana ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya, sesuai dengan pengalaman saya pada waktu awal saya membayar kelebihan untuk biaya semester 1 karena saya mendapatkan beasiswa bidikmisi, dan saya baru mengetahui bahwa beasiswa bidikmisi itu menanggung biaya SPP dari semester 1 sampai dengan semester 8. Karena hal tersebut maka uang saya yang saya bayarkan mandiri untuk biaya SPP semester 1 jadi tidak bisa ditarik kembali, maka uang SPP yang saya bayarkan untuk semester 1 akan diakumulasikan untuk pembayaran UAS, Her-Registrasi semester depannya. Namun yang sangat disayangkan ialah pihak admin maupun bagian keuangan kalau mahasiswa tidak melapor maka uang yang kelebihan tersebut tidak diakumulasikan, jadi mahasiswa harus melapor terlebih dahulu baik ke bagian keuangan maupun kebagian admin. Harusnya hal ini tidak boleh terjadi, sebagai mahasiswa merasa sangat merepotkan jika tiap semester harus melaporkan untuk biaya yang akan diakumulasikan. Diharapkan pihak kampus lebih rapih lagi dalam sistem pembayaran ini mana yang kelebihan harusnya diberitahu terlebih dahulu, jadi tidak asal menerima bukti pembayaran saja lalu dicatat. Solusi dari masalah ini ialah setiap menerima pembayaran dari mahasiswa bagian keuangan maupun adminnya harus mengecek riwayatnya terlebih dahulu, apakah mahasiswa tersebut ada kelebihan membayar atau tidak. Supaya mahasiswa mengetahui berapa yang harus dibayarkan, dan lebih akuntabel dan transparan.

Baca Juga : Berantas Pungutan Liar Bantuan Sosial

Dalam sistem keuangan ecampus mahasiswa yang belum menginjak semester 8 belum bisa membayar ataupun mencicil untuk biaya KKN nanti. Padahal mahasiswa semester 6 berharap supaya bisa mencicil sejak dini untuk biaya KKN supaya nanti pada saat semester 8 tidak berat untuk membayarnya. Solusinya ialah sistem keuangan ecampus di update supaya mahasiswa semester 8 kebawah bisa mencicil atau melunasi biaya KKN walapun belum menginjak semester 8.

Dengan adanya ecampus ini sangat membantu mahasiswa dalam pembayaran akan tetapi setiap membayar selalu terkena biaya admin, walaupun sudah mentransfer melalui bank yang sama. Sangat disaayangkan sekali, seperti yang kita ketahui rata-rata mahasiswa ada yang bekerja ada juga yang tidak bekerja maka uang yang dimiliki pun terbatas, belum lagi setiap melakukan pembayaran harus dikenakan biaya administrasi. Solusi dari masalah ini ialah untuk pembayaran Virtual Account diharapkan free biaya admin, seperti dahulu lagi bisa ditransfer sesama bank supaya free biaya admin.

Selain kekurangan diatas, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia juga memiliki keunggulan dalam sistem keuangannya yaitu setiap mahasiswa yang belum melakukan pembayaran, maka mahasiswa tersebut tidak bisa mengikuti UAS atau mengambil KRS, dengan otomatis mahasiswa tidak dapat mengikuti perkuliahan. Menurut saya ini sangat baik untuk meningkatkan kedisiplinan mahasiswa, supaya mahasiswa jera, dan tidak menunda dalam pembayaran kampus. Selain itu sistem di ecampus juga mahasiswa sudah bisa mendeteksi riwayat pembayaran yang telah dibayarkan selama masa perkuliahan. Dan untuk pembayaran juga system keuangan di ecampus bisa dicicil pembayarannya, sangat meringankan bagi mahasiswa. Terimakasih Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia selalu memberikan yang terbaik untuk mahasiswanya.

Penulis: Fiky Nadiyah
Program Studi: Akuntansi
Mahsiswi: Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

You may have missed