Gambaran di Masa Depan Terkait dengan Komputer Generasi ke-Enam

Gambaran di Masa Depan Terkait dengan Komputer Generasi ke-Enam

literaturcorner.com – Manusia menggunakan teknologi karena memiliki akal. Dengan adanya akal manusia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman, nyaman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya, ada juga karena adanya rasa penasaran yang sering muncul, akhirnya timbul teknologi baru.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Teknologi juga memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam mempermudah aktivitas manusia. Manusia juga sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi teknologi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana perkembangan teknologi di masa depan. Yang bisa kita lakukan mungkin hanya sebatas menduga-duga.

Dengan teknologi komputer yang ada saat ini agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer di masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat menggenggam dunia.

Membahas mengenai komputer memang tidak ada habisnya dari generasi ke generasi. Pasalnya, dengan perkembangan zaman yang semakin modern menjadikan para ahli IT untuk menciptakan komputer yang canggih dari pertama ditemukannya komputer digital elektronik generasi pertama oleh: Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang digunakan untuk kebutuhan umum. Program ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. Bahkan hingga sekarang komputer masih terus berkembang hingga bayangan komputer masa depan yang banyak ditampilkan di dalam film-film seperti film Iron Man.

Hemat saya, itulah komputer yang akan kita temui di masa depan. Impian dari para ilmuwan dan pengguna komputer untuk menjadikan komputer masa depan makin canggih, makin mudah digunakan, bahkan lebih menyatu dengan kehidupan manusia. Salah satunya dengan adanya robot dan biochip atau komputer nano yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh manusia. Untuk saat ini beberapa penerapan robot dan nano komputer ke arah ini sudah dilakukan, salah satunya pada medis.

Meski demikian, secara umum era ini belum dimulai kemungkinan komputer masa depan secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan di antaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berfikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia.

Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

Berdasarkan pemikiran saya sendiri, di masa depan ini saya ingin menciptakan sebuah teknologi yang belum pernah ada sebelumnya, sebagai mahasiswa IT saya akan membuat sebuah teknologi yang saya namai dengan Smellow yaitu sebuah teknologi yang dapat mendeteksi atau membantu manusia atau pengguna untuk mencium bau yang hanya berupa gambar. Contohnya: gambar makanan (tidak hanya pada makanan) yang ada pada telivisi atau sosial media seperti instagram dapat dicium melalui teknologi Smellow.

Cara pemakaiannya hanya dengan menekan tombol on/off, pengguna bisa mematikan tombol off jika sekiranya gambar itu menimbulkan bau tidak sedap dan sebaliknya. Jadi teknologi Smellow ini ibarat seperti hidung manusia. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, Setiap penemuan baru akan melahirkan berbagai perubahan dalam suatu masyarakat. Ibarat sebuah subsistem, kehadiran teknologi baru sebagai subsistem baru dalam masyarakat akan membawa konsekuensi, subsistem lain dalam sistem tersebut mau tidak mau harus menyesuaikan diri akibat kehadiran teknologi tersebut. Teknologi pasti akan mengubah pola aktivitas keseharian individu.

Khabib Af

Khabib Af

157 thoughts on “Gambaran di Masa Depan Terkait dengan Komputer Generasi ke-Enam

  1. Pingback: con ruoi so may

Leave a Reply

Your email address will not be published.