September 29, 2022

Etika Meminta Tolong

[pl_row]
[pl_col col=12]
[pl_text]
literaturcorner.com – Ini tentang meminta tolong. Aku berpikir kita semua harus paham bagaimana etika meminta tolong. Terutama tentang kepada siapa seharusnya kita meminta tolong.

Banyak dari kita terkadang meminta tolong pada orang yang salah. Entah sadar atau tidak, kita biasa minta tolong pada orang yang kita anggap baik (yaiyalah masa minta tolong sama orang jahat). Beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum meminta tolong:

1) Minta tolonglah jika memang sangat- sangat kepepet.
It’s mean kalo kamu bisa melakukannya sendiri kenapa harus minta tolong pada orang lain?

2) Minta tolonglah pada orang terdekat.
Kalo emang udah kepepet banget dan harus minta tolong maka yang pertama kali harus kamu mintai tolong adalah orang yang paling dekat. Jangan orang yang jauh, sebab orang tersebut pasti akan bertanya-tanya. Kenapa harus aku? Kemana keluargamu? Kemana sahabatmu? Atau bisa juga kemana teman dekatmu? Secara tidak langsung, ini akan memperburuk image kamu di mata orang yang kamu mintai tolong. Dan kemungkinan kamu tidak akan dipercaya lagi oleh orang yang kamu mintai tolong.

3) Ucapkanlah kata “maaf”, “tolong”, dan “terimakasih”.
Meskipun jika kamu tidak ditolong, tiga kata ini merupakan kata ajaib yang sering terlupakan dan tiga kata ajaib yang penuh makna.

.

.

Noviatur R.
[/pl_text]
[/pl_col]
[/pl_row]

You may have missed