December 8, 2022

Bubarkan saja KNPI dan KONI Kep Seribu

literaturcorner.com Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) Kep Seribu, pada saat ini di nahkodai oleh bung Lukman Hadi. Beliau terpilih dimusda KNPI Kep Seribu Tahun 2019 di aula kantor bupati kepulauan seribu.

Sedangkan Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI ) Kep Seribu di nahkodai oleh Bapak Ayub Chalik terpilih secara aklamasi pada pemilihan ketua KONI Tahun 2018 lalu.

Dua organisasi ini tugas dan fungsinya adalah, menjadi sebuah wadah untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) di kep seribu. KNPI mewadahi seluruh Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Organisasi Masyarakat (ORMAS), begitu pun KONI yang bertujuan pada pelaksanaan dan pembinaan para atlet, wasit dan manager.

Baca Juga : Instan Bukan Budaya Kita

Sangat di sayangkan, kedua organisasi besar tersebut tidak berjalan sebagai mestinya menjadi tugas pokok untuk melakukan pengembangan SDM di Kep Seribu.

1. KNPI Kep Seribu
Peran KNPI tidak maksimal dalam upaya pengembangan potensi pemuda di kep seribu, padahal banyak sekali potensi yang bisa di gali dari wilayah Kep Seribu dari segi bidang manapun.
Sejak tahun 2019 KNPI tidak pernah sama sekali melakukan gebrakan nyata, kepada pemuda dan masyarakat kep seribu dan program nya pun hampir semua tidak terealisasikan.
Bahkan sampai sekarang KNPI Kep Seribu tidak memiliki fasilitas gedung khusus pemuda di Kep Seribu, yang mana setiap daerah KNPI nya memiliki gedung pemuda atau sekretariat KNPI.

2. KONI Kep Seribu
KONI Kep Seribu satu-satunya organisasi yang berwenang dan bertanggung jawab mengelola, membina, mengembangkan dan mengkoordinasikan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga di Kep Seribu.

Sejak tahun 2018 sampai sekarang pertengahan tahun 2022, yang sebentar lagi kepengurusan KONI Kep Seribu yang dinahkodai oleh Bapak Ayub Chalik akan segera berakhir. Akan tetapi selama 4 tahun ini KONI Kep Seribu tidak pernah melakukan suatu pembinaan, terhadap atlet² maupun cabang olahraga lainnya.

Sehingga dalam segi prestasi dalam kegiatan olahraga KONI Kep Seribu tidak ada prestasi yang dicapai hingga saat ini. Kemana KONI? apakah organisasi tersebut cuma hanya sebatas formalitas didaerah?.

Untuk menutup dari tulisan opini yang saya buat, saya memiliki pertanyaan besar kepada dua organisasi ini KNPI Kep Seribu dan KONI Kep Seribu. Pertanyaannya adalah KEMANA DANA HIBAH YANG DI SALURKAN PEMERINTAH UNTUK PEMBINAAN DAN PENGEMBANAN SDM DI KEP SERIBU?

Penulis : Dimas Sese, Aktivis Pemuda Kepulauan Seribu