December 8, 2022

Berhasil Menarik Minat…! Bimbel Oemah USA Sebagai Wadah Belajar Anak Usia Dini (Paud) dan SD yang diadakan oleh Mahasiswa KKN UNUSIA Kp. Cikadu, Cibeteung Udik, Bogor.

literaturcorner.com Bogor (Jum’at, 18/02/2022) – Mahasiswa KKN UNUSIA MEMBANGUN DESA 2022 Kelompok KKN USA Team mengadakan KKN di Kp. Cikadu Rt 003/005, Cibeteung Udik, Bogor.

Mahasiswa KKN USA UNUSIA mengadakan Bimbel Oemah USA yang dimana merupakan salah satu program kerja kelompok KKN USA UNUSIA, bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sudah di dapat di bangku kuliah supaya bermanfaat bagi orang banyak serta sebagai rasa peduli terhadap pendidikan anak-anak Kp. Cikadu serta dengan diadakannya KKN ini diharapkan mahasiswa mampu mengambil ilmu yang bermanfaat pula dari masyarakat sekitar.

Bimble Oemah USA ini melakukan bimbingan belajar untuk anak-anak Paud dan SD yang dilaksanakan mulai hari Senin, 21 Februari 2022 sampai Selasa, 15 Maret 2022. Kegiatan ini dilakukan di Kp. Cikadu Rt 003/005, Desa Cibeteung Udik, Bogor, Jawa Barat. Tujuan di adakannya Bimbel Omah USA sebagai motivasi dan menumbuhkan semangat belajar anak-anak Kp. Cikadu. Bukan hanya CALISTUNG (Baca, Tulis dan Hitung) saja yang diajarkan di Bimbel Omah USA akan tetapi anak-anak diajarkan kreatifitas dan menanamkan nilai-nilai religius kepada anak-anak sejak usia dini serta berkonsultasi mengenai tugas dari sekolah dan materi pelajaran yang tidak mereka pahami.

Ada banyak faktor yang membuat kami ingin membuka Bimbel Oemah USA, diantaranya ialah banyak anak yang putus sekolah karena faktor ekonomi keluarga, kurang minatnya anak-anak memasuki dunia pendidikan formal, keluhan orang tua yang sulit membantu dalam mengerjakan tugas sekolah anaknya di era pandemi sekarang ini serta gapteknya masyarakat setempat. Dengan Bimbel Oemah USA ini kami memberikan kesempatan kepada mereka yang putus sekolah supaya dapat menikmati manisnya belajar di bangku sekolah. Faktor inilah yang menjadikan Bimbel Oemah USA menjadi Proker utama Kelompok KKN USA UNUSIA.

Kendala dalam pelaksanaan Bimbel Oemah USA UNUSIA tidak lain karena Faktor cuaca yang berubah-ubah. Walaupun demikian kami berharap dengan adanya Bimbel Oemah USA UNUSIA ini dapat bermanfaat bagi anak-anak Kp. Cikadu dan sekitarnya serta dapat menumbuhkan semangat belajar serta memotivasi anak-anak serta orang tua supaya melek terhadap pentingnya pendidikan.

#Taman-Baca_USA
Selain Bimbel Oemah USA, Mahasiswa KKN USA (Unusia Student Action) UNUSIA 2022 mendirikan Taman Baca USA di Kp. Cikadu RT. 003 RW. 005 Desa Cibeuteung Udik. Pendirian taman baca ini melihat masih kurangnya minat baca anak-anak di di Kp. Cikadu dan khawatir semakin ‘ganasnya’ smartphone dalam mencuri perhatian anak-anak untuk bermain game dan semacamnya, setiap hari bahkan setiap jam.

Akibatnya, seperti permainan-permainan tradisional yang mengandung unsur pembelajaran di dalamnya yang harusnya selalu di budidayakan atau di mainkan oleh anak-anak sekitar tidak menarik lagi dan akan hilang di makan kecanggihan teknologi tersebut. Kami menghadirkan taman baca USA dengan harapan untuk memunculkan minat baca sejak dini bagi anak-anak di Kp. Cikadu khususnya bukan hanya untuk anak-anak tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Di taman baca tersebut bukan hanya tempat untuk membaca buku yang cocok untuk dirinya (anak-anak) yang ingin membaca tetapi juga sebagai ruang atau tempat untuk belajar dan menulis. Tidak ada maksud dan tujuan lain selain menciptakan atau memunculkan minat baca anak-anak di Kp. Cikadu Desa Cibeuteung Udik dan memberikan semacam pemahaman bahwa “untuk mencintai banyak buku maka kita harus mencintai satu buku dulu.

Dalam proses belajar ada hal yang bisa di katakan vital yakni membaca. Rendahnya budaya baca serta minimnya akses untuk bacaan yang baik dan cocok untuk mereka dan kurangnya ajakan untuk “mencoba” membaca adalah beberapa dari banyaknya faktor utama budaya baca sejak dini yang bisa dikatakan cukup rendah. Selain dari pada itu beberapa sekolah juga belum memaksimalkan dalam upaya menciptakan kebiasaan membaca bagi para murid-muridnya apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini masih banyak sekolah yang belum memaksimalkan waktu belajar di kelas.

Maka dari itu kami dari posko 33 KKN USA TEAM Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta (UNUSIA) Membangun Desa 2022 mengoptimalkan kebiasaan belajar yang dibumbui berupa permainan-permainan atau biasa disebut bermain sambil belajar dan membaca buku di Taman Baca USA tersebut.

Sehingga masyarakat sekitar dapat melihat, bahwa yang di butuhkan anak-anak tersebut adalah belajar yang membuat mereka terlibat dalam pembelajaran tersebut, seperti belajar yang dibumbui dengan permainan-permainan tetapi ada pembelajaran yang di dapatkan di balik semua itu. Dan berharap kebiasaan yang kami terapkan selama beberapa hari di Kp. Cikadu Desa Cibeuteung Udik dapat diteruskan dan menjadi suatu kebiasaan yang baik juga oleh masyarakat terkhusunya para anak-anak di desa tersebut.

#Dekor-PAUD-Rabbani-Kids

KKN USA TEAM UNUSIA Membangun Desa 2022
Mendekor Ruangan Kelas PAUD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Mendekor berasal dari kata dekor. mendekor dapat diartikan sebagai suatu tindakan, keberadaan, pengalaman dinamis. Mendekorasi kelas adalah menghias atau memperindah suatu benda, ruangan, bangunan, atau objek lainnya agar sesuai dengan keinginan, mendekor suatu tempat berarti menghias dan mendandani tempat tersebut. Mendekor atau menghias kelas adalah kegiatan untuk memperindah atau mempercantik kelas. The Liang Gie (2009) menyatakan bahwa tata ruang kelas adalah Penentuan mengenai kebutuhan ruang dan tentang penggunaan secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan belajar yang efektif.

Sedangkan Jeanne Ellis Ormrod (2008) mengartikan bahwa tata ruang kelas adalah membangun dan memelihara lingkungan kelas yang kondusif bagi pembelajaran dan prestasi siswa. Agar tercipta suasana belajar yang nyaman, maka perlu memperhatikan penataan ruang kelas,tata ruang kelas merupakan kegiatan yang terencana dan sengaja dilakukan oleh guru dengan tujuan menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal,sehingga kegiatan proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien, istilah mendekor dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa tata ruang kelas/mendekor kelas merupakan kegiatan untuk kepentingan pembelajaran.

Manfaat mendekor kelas sudah pasti membuat penghuninya menjadi betah,dan nyaman bagi penghuninya. Dalam menjalankan salah satu program kerja (proker) kami sebagai peserta KKN UNUSIA MEMBANGUN DESA 2022 yang dilaksanakan dari tanggal 18 Februari sampai dengan 18 Maret 2022, membuat proker berupa mendekor kelas di salah satu sekolah PAUD di Kp. Cikadu Desa Cibeuteung Udik Ciseeng-Bogor.

Mendekor kelas di PAUD Rabbani Kids, dipilih sebagai proker oleh kelompok kami karena kelas merupakan salah satu sarana dan prasarana untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Mendekor kelas selain untuk mempercantik dan memperindah, juga untuk menmperkuat daya ingat siswa dalam hal pengetahuan.

Beberapa manfaat dari mendekor kelas antara lain: meningkatkan semangat belajar, membuat siswa semakin kreatif, dan memberi inspirasi bagi kelas lain. Adapun macam-macam dekorasi kelas yang dilakukan oleh kelompok kami antara lain:

Mengecat ruangan dalam kelas PAUD dengan tema taman kanak-kanak, terdapat gambar binatang seperti jerapah dn lebah yang didesain langsung oleh salahsatu Mahasiswi KKN USA Team kami yang berprofesi sebagai Desainer ruangan. Kemudian menempelkan abjad di karton dengan di hiasi aneka ragam stiker seperti gambar balon dan gambar hati. Menempelkan angka-angka dengan di hiasi gambar binatang.

Membuat plang nama Identitas PAUD Rabbani Kids, dan Membuat tanaman Vretikultur dari botol bekas kemudian ditanami tanaman hias gantung di halaman depan PAUD.

Mendekorasi kelas atau ruangan tidak hanya untuk memperindah semata tetapi juga untuk menambah nilai seni dan kreativitas. tentu saja dengan pemilihan konsep yang baik akan mempengaruhi siapapun yang berada di dalam kelas tersebut. Selain berkreasi, hal ini juga dapat motivasi siswa agar lebih berprestasi. Proses penataan ruangan yang kami lakukan, terlebih dahulu kami mengkomunikasikan kepada siswa agar semua anggota kelas bisa merawat kelas dengan baik. Filosofi guru mengenai pembelajaran akan mempengaruhi bagaimana cara guru dalam mengatur setiap komponen pada ruang kelas.

Menurut Carolyn dan Edmund (2015) ada empat kunci bagi guru untuk melakukan pengaturan ruang kelas yang baik, yaitu :
Jadikanlah wilayah sirkulasi dan mobilisasi siswa tinggi dan bebas dari kemacetan, Pastikan setiap siswa dapat dipantau dengan mudah oleh guru, Menjaga agar instrument pengajaran yang sering digunakan dan perlengkapan siswa mudah diakses, Pastikan bahwa para siswa dapat dengan mudah melihat persentasi dan tampilan seisi kelas.

Dari beberapa penjelasan dan teori tersebut di atas, proker mendekor kelas yang dilakukan oleh kelompok kami dilakukan dengan tujuan sebagai berikut:
Mewujudkan dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin,
Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi pembelajar.

Menyediakan dan mengatur fasilitas perabot kelas yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai lingkungan, sosial, emosional, dan intelektual siswa dalam kelas, Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial,ekonomi,budaya,serta sifat-sifat individunya.

Kegiatan Mendekor kelas di PAUD Rabbani Kids (Dok, pribadi)
Melalui proses dekorasi kelas, kami memahami akan pentingnya pengelolaan tata ruang kelas agar para siswa merasa nyaman, betah dan bertambahnya semangat belajar.

Dengan dilaksanakannya proker ini, kami berharap bisa memberikan manfaat bagi lembaga-lembaga pendidikan serta para guru agar tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan efisien melalui proses dekorisasi kelas.