December 8, 2022

BEKERJA SAMA DENGAN GRAISENA, KELOMPOK KKN UNUSIA GREEN DURI KOSAMBI DISTRIBUSIKAN 220 BIBIT TANAMAN KE KAMPUNG DURI KOSAMBI

literaturcorner.com Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) kelompok Green Duri Kosambi yang beranggotakan 13 mahasiswa melakukan kegiatan penanaman bibit tanaman di kampung Duri Kosambi, Cengkareng Jakarta Barat. kegiatan ini bekerja sama dengan Graisena sebagai lembaga non profit yang aktif membantu tugas-tugas pemerintah dalam menangani macam-macam potensi bencana di Indonesia.

Program tersebut sesuai dengan tema KKN tahun ini yaitu Membangun Desa Hijau. Sebanyak 220 bibit tanaman diserahkan kepada kelompok KKN Green Duri Kosambi untuk kemudian didistribusikan kepada masyarahat kelurahan Duri Kosambi, khususnya wilayah RW 05.

Bapak H.Cecep Sudrajat selaku penanggung jawab Graisena Nursery Bogor menuturkan: “Sebagai penyedia bibit kami merasa senang turut membantu program dari mahasiswa UNUSIA dalam membantu mencegah bencana banjir di daerah Duri Kosambi.

Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut hingga kedepannya.” Beliau juga melanjutkan bahwa “Dengan banyaknya program-program penghijauan yang dibangun oleh para mahasiswa dimasyarakat, kami berharap dapat menumbuhkan rasa empati masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan sekitar dari bencana. Salah satunya dengan melakukan penanaman bibit tanaman yang sedang dilakukan oleh mahasiswa KKN Kelompok Green Duri Kosambi dari UNUSIA”.

Baca juga :Mapaba lll Rayon PMII Teknik UNUSIA Jakarta, Menciptakan Generasi Baru sebagai ajang Berproses Bersama dan Berkaderisasi di PMII Selamanya – Process Together, PMII Forever

Dalam program tersebut, para mahasiswa juga bekerja sama dengan aparatur pemerintahan setempat, seperti ketua RW dan pemangku jabatan yang ada diwilayah tersebut. Wilayah RW 05 dipilih karena daerah tersebut merupakan langganan terkena dampak bencana banjir tahunan Jakarta. Kali Semanan yang berdampingan dengan kampung ini memang menjadi momok bagi masyarakat sekitar bila musim penghujan tiba. Alhasil pelbagai upaya dilakukan masyarakat untuk mengurangi dampak banjir salah satunya dengan melakukan penghijauan desa dengan melakukan penanaman pelbagai macam tumbuhan disekitar bantaran kali Semanan. Jenis bibit pohon yang ditanam adalah jenis pohon produktif yang menghasilkan buah sehingga nantinya bisa di manfaatkan dengan masyarakat sekitar.

Selain menjalankan program penghijauan Kampung Duri Kosambi, mahasiswa KKN UNUSIA Green Duri Kosambi juga menjalankan program-program lain yang menunjang program satu dengan yang lainnya. Seperti program Sosialisai Kebencanaan yang bertujuan memberikan pemahaman lebih dalam terhadap masyarakat akan pentingnya sikap preventif sebelum bencana itu datang. Selain itu, program yang tak kalah menariknya bagi warga adalah Pengelolaan Sampah melalui Bank Sampah. Masyarakat diharapkan lebih peduli terhadap sampahnya masing-masing dengan melakukan pemilahan sampah organik dan non-organik. Program tersebut menjelaskan bagaimana sampah rumah tangga yang biasa mereka buang ternyata dapat mengkasilkan pundi-pundi keuangan bilamana dikelola dengan baik dan benar, salah satunya dengan Bank Sampah.

Ibu marhumah selaku warga sekitar mengungkapkan rasa terima kasih kepada para Mahasiswa KKN UNUSIA. “Saya sebagai warga sangat senang dengan hadirnya para mahasiswa dikampung kami, apalagi mereka menjalankan program-program yang menurut saya bagus bagi kampung kami khusunya, dan para warga umumnya,” ujarnya.

Semoga langkah baik yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN UNUSIA kelompok Green Duri Kosambi di kampung Duri Kosambi menjadi jembatan terhadap mahasiswa-mahasiswa lain yang ada di Indonesia, khususnya di Jakarta untuk dapat berdampingan dengan masyarakat sekitar dan dapat membantu keluh kesah warga yang mungkin belum tersampaikan kepada para pemangku jabatan yang menyebut dirinya sebagai “Wakil Rakyat”.