October 5, 2022

Apa Yang Membuat Kamu Nggak Percaya Diri ?

literaturcorner.com –   Selamat Pagi !!!!
Apapun waktunya, aku sering menyapa dengan selamat pagi. Sebab aku percaya bahwa di setiap pagi hari kita mempunyai semangat dan energi baru untuk melakukan hal-hal yang hebat.

Hemm…mau sedikit sharing dari pengalaman yang aku punya, barangkali bisa sedikit memotivasi bahkan mungkin akan menjadi pelecut untuk melakukan hal-hal yang hebat. Kali ini aku pengin membahas tentang PD atau Percaya Diri. Kenapa sih harus dibahas? Jadi begini, bagiku percaya diri itu penting bahkan sesuatu yang harus semua orang punya. Untuk apa? Pada hakikatnya mempunyai percaya diri atau kepercayaan akan diri sendiri sesuatu yang mutlak harus dimiliki setiap individu agar mampu mengeluarkan atau mengekspresikan potensi terbaiknya. Tapi kadang masih ada yang belum bisa percaya diri, alasannya pun kadang bermacam-macam juga ya tergantung dari pengalaman, kondisi dan situasi diri masing-masing. Dari pengalaman yang aku punya, aku mau sedikit memberi suntikan agar kita bisa membuka mindset akan pentingnya sikap percaya diri.

Kalau kita perhatikan, orang-orang yang berhasil atau dikatakan sukses; mereka adalah orang-orang yang punya rasa percaya diri yang cukup. Cukup dalam arti tidak berlebihan atau lebay. Sebab, seperti yang kita ketahui bersama sesuatu yang berlebihan itu cenderung tidak bagus. Dan orang yang memiliki rasa percaya diri itu lebih berani dan produktif serta akan mudah baginya untuk mewujudkan atau meraih prestasi.

Apa kalian pernah melihat orang yang sukses namun tidak percaya diri? Orangnya minderan, selalu menghindar dari tanggung jawab, jalan merunduk malu-malu karena tidak percaya diri, banyak alasan, dan hidup berdasarkan opini orang lain.

Hal yang membuat kita tidak percaya diri, bisa jadi karena kita belum menemukan kemampuan dan keunikan diri kita. Mungkin karena selama ini kita hanya sibuk mengomentari kelemahan orang dan suka membanding-bandingkan kelemahan diri kita dengan kemampuan atau kelebihan yang dimiliki orang lain. Percaya deh, bahwa setiap orang itu unik dan punya kelebihan yang berada antara satu dengan lainnya termasuk diri kita.

Tidak adanya kepercayaan diri, itu bisa juga faktor tidak adanya dukungan dari orang-orang sekitar, lingkungan yang negatif; teman-teman yang selalu nyinyir, mem-bully, dan mengkritik tanpa solusi. Dari itu segeralah hijrah ke lingkungan yang positif dan teman-teman yang mendukung kita.

Kepercayaan diri akan hilang jika kita menjadikan diri kita sebagai korban dari kegagalan orang lain, padahal untuk memulainya saja kita belum.

Juga yang seringkali menjadikan banyak orang tidak percaya diri adalah pikirannya sendiri yang asumsinya negatif sebelum memulai sesuatu hal. Contoh: Takut gagal presentasi atau berbicara di depan umum sebelum mencobanya hanya karena kita pernah melihat beberapa orang yang gagal atau buruk dalam presentasinya. Sampai-sampai kita pun membiarkan pikiran negatif itu bersarang di alam bawah sadar.

Seringkali yang membedakan kita dengan orang lain bukanlah kecerdasan atau skill (keterampilan) melainkan mindset kita (cara berpikir). Bagaimana kita meletakkan harapan dan mengetahui tujuan kita, kemudian dengan cara apa kita memperlakukannya untuk mencapai tujuan itu. Cara berpikirmu akan membedakan kamu dengan orang lain. Jangan pernah takut menjadi berbeda, catat itu ya!

Intinya kita harus punya cara berpikir sesuai apa yang kita yakini lalu percaya dengan semua apa yang kita miliki serta percaya bahwa semua manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan sebaik-baiknya. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan tapi kita harus fokus dan percaya dengan apa yang kita miliki, tentunya harus selalu diiringi dengan bersyukur. Nah, cara bersyukur yang baik itu apa? Melakukan segala yang kita miliki agar berbuah menjadi kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain. Salahnya kita tanpa sadar menjadikan diri kita sebagai korban dari kegagalan orang lain, padahal untuk memulai saja kita belum. Benar nggak?

Bagaimana dengamu, apa yang menjadikan dirimu sampai saat ini tidak percaya diri?
Mari bertumbuh…

.

.

.

Oleh: Hululudin Shah

Anak dari Desa yang sedang berjuang menjadi Prajurit TNI AD.
CO-Founder Dolan Sadang.
Mahasiswa UNUSIA Jakarta.